Friday 11 January 2013

Pembuatan stek pucuk kayu putih dengan teknik rejuvinasi stek cabang

Banyak hal mutlak didalam tehnik pembuatan stek pucuk dengan tehnik rejuvenasi stek cabang yakni seperti berikut :
  1. pengambilan cabang dari pohon induk hasil seleksi di rimba tanaman kayu putih dengan langkah cabang dipotong dari sisi terbawah selama 40cm serta diameter 2 - 4 cm. ujung cabang ditutup lilin untuk menghalangi kekeringan, setelah itu cabang direndam didalam air pada bak plastik dengan kedalaman 5cm serta air senantiasa diganti tiap-tiap hari.
     
  2. penanaman cabang didalam bak diisi pasir ditutup dengan sungkup plastik pada kedalaman 10cm. butuh di perhatikan bahwa sisi bawah bak di beri lubang, hingga bak tidak tergenang air.
     
  3. penyiraman dikerjakan tiap-tiap hari dengan sprayer halus dan menambahkan air kedalam bak pasir jika kelembabannya kurang.
     
  4. melindungi lingkungan pembiakan, yakni dengan melindungi kelembapan didalam bak sungkup di atas 80%, suhu ruangan di bawah 30oc serta diberi naungan dengan intensitas sinar 75% pada siang hari.
    sesudah berusia 1, 5 bln., stek dapat membuahkan trubusan serta bisa diambit stek pucuknya
     
  5. materi stek pucuk di ambil dari trubusan tersebut dengan langkah memotong daunnya serta ditinggalkan sepertiga sisi untuk kurangi tingkat penguapan. pemangkasan serta penanaman stek dikerjakan saat pagi hari ( sebelum saat jam 1o pagi ) lantas dicelupkan pada larutan rootone f dengan konsentrasi 50% lebih kurang 30 detik
     
  6. penanaman stek pucuk pada pot plastik diisi media pasir yang disusun didalam bak stek yang diberi sungkup. tehnik ini disamping biayanya relatif murah bisa membuahkan presentase tumbuh yang baik yakni sebesar 57%,.

0 comments:

Post a Comment