Friday 18 January 2013

Daun kayu putih

Daun adalah sisi tumbuhan yang terutama, dikarenakan dari daun inilah dapat dihasilkan minyak kayu putih. tanaman kayu putih terhitung type tumbuhan kormus dikarenakan tubuh tanaman dengan nyata menunjukkan diferensiasi didalam tiga sisi pokok, yakni akar ( radix ), batang ( caulis ), serta daun ( folium ). daun kayu putih terdiri atas dua sisi, yakni tangkai daun ( petiolus ) serta helaian daun ( lamina ).

a. Tangkai daun ( petiolus )

tangkai daun adalah sisi daun yang beri dukungan helaian daun, yang berperan untuk meletakkan helaian daun pada posisi yang pas, hingga bisa beroleh sinar matahari sebanyak-banyaknya. tangkai daun berupa bulat kecil, namun panjang tangkainya beragam.

b. Helaian daun ( lamina )

Helaian daun kayu putih bercirikan berwarna hijau muda untuk daun muda serta hijau tua untuk daun tua dikarenakan memiliki kandungan zat warna hijau atau khlorofil. disamping itu daun kayu putih mempunyai tulang daun didalam jumlah yang beragam pada 3 – 5 buah, pinggir daun rata serta permukaan daun dilapisi oleh bulu-bulu halus. ukuran lebar daun kayu putih berkisar pada 0, 66 cm – 4, 30 cm serta panjangnya pada 5, 40 – 10, 15 cm. daun-daun tumbuh pada cabang- cabang tanaman dengan selang-seling, pada satu tangkai daun ada kian lebih satu helai daun ( hingga dikatakan sebagai type daun majemuk ). daun kayu putih memiliki kandungan cairan yang dimaksud cineol ( sineol ) ( di mana jika daun diremas, cairan ini dapat keluar serta mengeluarkan aroma yang khas ). disamping itu daun kayu putih juga memiliki kandungan komponen lain, layaknya : terpineol, benzaldehyde, dipentene, limonene serta pinene.

0 comments:

Post a Comment